01
Des
08

Pencarian tak akan pernah berhenti..

Kurang lebih selama hampir 8 bulan aku menghabiskan sebagian masa hidupku di Singapore ini..Pada awalnya ketika pertama kali menginjakkan kaki di negeri ini, hanya sekitar 2 minggu aku menikmati hidup disini, setelah itu semua terasa serba membosankan.. Hidup menjadi mekanis, penuh rutinitas yang membelit hingga membuatku berpikir.. apakah aku sudah ‘gila’ ? Namun, akhirnya tubuh & jiwa ini bisa beradaptasi dengan lingungan sekitar yang serba urban. Mungkin karena sejak kecil hingga dewasa secara fisik ini aku hidup dan tinggal di desa, jadi kurang bisa menikmati suasana urban yag ditawarkan oleh negeri ini. Lambat laun baru merasa nyaman dengan lingkungan sekitar.

Tetapi, yang kulakukan sekarang hanyalah menghitung mundur hari, menanti kepulanganku ke Yogya. . Iya, memang karena aku rindu dengan kampung halamanku di Jawa itu, namun lebih dari itu. Sebaliknya, aku justru merasa belum puas meyerap semua pengetahuan selama disini.. Aku merasa masih sedikit yang kulakukan dan kudapat selama menuntut ilmu disini..mungkin hanya pengalaman mencicipi sekolah dinegara lain yang serba dimanjakan oleh fasilitas, yang aku rasakan paling membekas.. Itu saja, tidak lebih..Entahlah, mungkin aku terlalu menghambur-hamburkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kurang berguna hingga tak sadar waktu berlalu begitu cepat.. Hingga tiba-tiba sekarang aku tersadar bahwa ‘waktuku sudah habis disini’.. tersadar bahwa sebenarnya banyak hal yang belum kulakukan disini.. Namun, waktu tak bisa berkompromi..dan semuanya ternyata cepat berjalan tanpa kusadari.. Dan, pencarian untuk memuaskan hasrat akan pengetahuan itu tak akan pernah berhenti.. Sekarang saatnya aku belajar lagi dari ‘kehidupan’ secara langsung, bukan dari catatan-catatan dokumen yang ditulis oleh orang-orang.. Aku ingin mencari kebenaranku sendiri…

Singapore, 01 Desember 2008, 23.58


0 Tanggapan to “Pencarian tak akan pernah berhenti..”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar


Desember 2008
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031